Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecilkan Size Video Tanpa Mengurangi Kualitas Aslinya dengan Cyko + Handbrake CLI

Cara Kompres Video, Encode Video, Cyko Handbrake

Mengompress Video Tanpa Mengurangi Kualitas Aslinya

Halo Sobat Komputer,

Video editing menjadi salah satu hal yang paling seru di era Generasi Z saat ini. Pasalnya video merupakan sarana untuk mempromosikan diri atau produk melalui media sosial yang banyak sekali kita lihat saat ini. Kehadiran Anda di media sosial juga sepertinya tidak lengkap tanpa melihat konten video. Sebab Video kini sudah menjadi alternatif untuk menyajikan konten secara lebih detail dan lengkap antara visual dan audio. Tidak heran banyak sekali Gen Z yang belajar mengedit video.

Bagi anda yang yang berprofesi sebagai youtuber anda pasti suka merekam lalu mengedit video dengan Resolusi besar dengan Tujuan untuk mendapatkan Hasil video yang jernih dan Tajem pasti akan mendapatkan ukuran file Video yang besar Juga. Dan dalam proses editing video, pernahkah Anda menunggu lama untuk proses rendering namun output video yang dihasilkan malah memiliki kapasitas yang besar? Pasti menyebalkan bukan?

Ya memang ada Harga ada Kualitas juga, Apalagi Jika Anda ingin mengunggah video tersebut ke jejaring Media sosial apa pun atau Anda ingin mengunggahnya ke Channel Youtube pribadi. Ya Masalah seperti itu biasa terjadi pada para YouTuber dan editor video.

Dan karena file videonya terlalu besar untuk diupload jadi sangat memakan banyak kuota. Maka mau tidak mau Anda pasti ingin memperkecil ukuran file video agar bisa diunggah tanpa terlalu memakan kuota. Lalu bagaimana cara memperkecil ukuran file video yang terlalu besar tanpa mengurangi kualitas video aslinya?

Solusi Terbaik Menggunakan Cyko + Handbrake CLI untuk Kompress Video

Untuk kompres video atau memperkecil ukuran file video disini saya akan membagikan tutorial cara mengecilkan ukuran video tanpa kehilangan kualitas video menggunakan software Cyko + Handbrake CLI. Caranya sangat sederhana dan mudah. Cukup masukkan video Anda dan atur ukuran kompresi yang diinginkan video akan dikompresi untuk hasil yang maksimal.

Jadi meskipun ukuran video diperkecil kualitas gambar dan audio akan tetap sama. Dan Jika anda ingin tahu caranya simak tutorialnya di bawah ini.

Apa itu Aplikasi Cyko + Handbrake CLI?

Sebelum ke tutorialnya alangkah lebih baik jika kita berkenalan dulu dengan aplikasi yang akan kita gunakan untuk kompress video.

Cyko adalah software encoder video batch yang biasa digunakan untuk encoding atau transcoding mulai dari film anime sampai filem drama yang didukung oleh HandBrake.

Terinspirasi dari BENCOS Real Anime 6 dan Minicoder, program ini mengkodekan atau mengubah kode anime Fansub ke ukuran yang lebih kecil.

Sebenarnya Cyko dan Handbrake CLI adalah dua Aplikasi yang terpisah, dan peran Handbrake CLI adalah untuk mendukung Aplikasi Cyko. Biasanya para Encoder drama atau film anime sering sekali menggunakan alat ini pada garapan mereka. Dengan cara ini Anda dapat memperkecil ukuran video tanpa kehilangan kualitas, tetapi akan memakan waktu yang lama tergantung pada spesifikasi komputer/laptop Anda.

Cara Mengecilkan Ukuran Video dengan Cyko + Handbrake CLI

Sebelum Anda mulai, Anda harus memiliki perangkat lunak Cyko + Handbrake CLI. Jika Anda belum memilikinya Anda dapat mendownload softwarenya di bawah ini terlebih dahulu. (ukuran 12,5 MB)

Silahkan Comot Cyko + Handbrake dengan cara Copy dan Paste Link beerikut ke browser anda: https://bit.ly/3F4hztV

Setelah diunduh, unzip file tersebut dan pastikan file bernama Cyko.exe dan HandBrakeCLI.exe berada dalam satu folder.

1. Kemudian jalankan Cyko.exe dan gambar seperti di bawah akan muncul.

Cyko Handbrake, Kompress Video. Encode Video

2. Klik Add Source File untuk menyisipkan video yang ingin Anda kompres/kurangi. Dengan tombol Output Location Anda dapat mengubahnya jika diperlukan.  Output Lokasi default Video anda setelah berhasil di kompres adalah didalam folder Cyko.exe. Biarkan settingan ini secara default agar mudah menemukan output videonya.

Cyko Handbrake, Encode Video

3. Kalo Sudah Oke, sekarang kita pergi ke tab Options. Perlu diingat, hasil Video kita nantinya akan bergantung di proses ini.

Encoder
Terdapat dua Pilihan:
X264 10bit
X265 10bit

Saya sudah membaca perbedaan berikut di berbagai sumber.

x264 adalah program open source (lebih tepatnya disebut library) untuk mengonversi video ke format H.264. Dan x265 merupakan pengembangan dari x264 yang mengkonversi video ke format H.265. Apakah H.265 lebih baik dari H.264? Filenya pasti lebih kecil. Dengan kualitas yang sama Anda dapat menghemat 40-50% ruang penyimpanan dibandingkan H.264.
Rate Control
Saya disini memilih Target Quality.
Info value:
- Untuk Target Quality antara 20-50
- Untuk Target Bitrate dalam bentuk kbps

Contoh nilai yang baik adalah:
Target Quality: 26 (untuk x264) 30 (untuk x265)
Target Bitrate: 380 (untuk x264) 280 (untuk x265)
“Target Quality memiliki Nilai dari 20-50, Jika memasukan nilai 20 maka akan menghasilkan video yang bagus, tapi ukuran videonyapun akan semakin besar.”
Resolution
Secara umum ada 4 macam Resolusi yang sering digunakan pada kolom Height:
360
480
720
1080

Audio Bitrate
Memiliki nilai yang dapat dimasukan yaitu antara 40-99. Contoh Value terbaik adalah 64, namun saya lebih sering menggunakannya di 99 karena berdasarkan pengalaman saya hasilnya akan bagus.

Hardsubs
Jika ingin hasil videonya berformat MP4 maka wajib centang ini, jika tidak maka akan keluar hasil video berformat MKV. Dengan Mencentang Hardsubs maka subtitle yang ada divideo akan menyatu dengan video.

Untuk preset saya rasa semakin lama anda memilih modenya maka semakin bagus hasilnya.

Pada Bagian Tunes anda bebas memilih sesuai dengan jenis video yang anda buat, Jika Anime maka pilih Animation dan jika Video anda merupakan sebuah Film maka pilihlah film/drama.

Pengaturan Terpenting ialah di bagian Target Quality, High, dan Audio Bitrate.

Jika Bingung, Silahkan Liat Screenshot pengaturan milik saya seperti dibawah.

Handbrake CLI, Cyko Handbrake, Compress Video

Kalo merasa Sudah Oke semua, langsung aja Klik Tombol “Put Parameters To Outputs” lalu Tekan OK jika proses Scanning nya berhasil.

Cyko Handbrake CLI, Kompres Video

4. Terakhir, Kalian Tinggal mengklik tombol Encode untuk memulai pengompresan.

Pengompresan Video, Cyko Handbrake,

5. Sekarang ini adalah bagian yang paling membosankan wkwk.. Anda hanya perlu menunggu prosesnya selesai ketika muncul jendela command prompt yang menunjukkan proses yang sedang berjalan. Jika anda ingin membatalkannya anda tinggal mengklik Tombol Abort Encoding.

Kompres Video, Encode Video, Cyko Handbrake
Hasil Video
Jika proses encoding sudah selesai, bandingkan ukuran file video yang di-encode dengan video aslinya kemudian bandingkan apakah kualitas video masih sama atau menurun. Ukuran video tergantung pada pengaturan yang baru saja Anda masukkan jadi bereksperimenlah dengan preferensi pribadi Anda.
Before, After,
Pada contoh di atas saya mencoba mengecilkan video hasil rekaman yang tadinya berukuran 4,13 GB dan setelah di encode dengan software Cyko kini ukurannya menjadi 151 MB tanpa mengurangi kualitas videonya. Ini adalah tutorial cara mengompres video agar kualitas video tetap bagus semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Posting Komentar untuk "Cara Mengecilkan Size Video Tanpa Mengurangi Kualitas Aslinya dengan Cyko + Handbrake CLI"