Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Windows 11 (Spesifikasi Minimal dan Perbedaannya dengan Windows 10)

 

windows 11

Review Windows 11 (Spesifikasi Minimal dan Perbedaannya dengan Windows 10). Untuk Anda yang tengah mencari review Windows 11, Anda sudah berada di tempat yang sangat tepat. Sebab pada ulasan kali ini akan coba diulas secara lebih details terkait dengan OS Windows terbaru dari Microsoft ini. Seperti yang sudah Anda ketahui jika Microsoft pada 24/6/2021 secara resmi telah meluncurkan OS Windows terbarunya.

OS Windows 11 ini pada dasarnya merupakan penerus dari OS Windows sebelumnya, yakni Windows 10. Untuk versi sebelumnya, yakni Windows 10, Microsoft bisa dibilang sangat sukses. Terbukti OS Windows 10 sudah di-install lebih dari 1,3 miliar sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 silam.

Nah, yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah apa yang perbedaan diantara keduanya? Kemudian hal penting lain yang penting untuk diketahui juga adalah terkait dengan spesifikasi minimal untuk windows 11.

Menengok Spesifikasi Minimal untuk OS Windows 11

Untuk review Windows sebelas kali ini akan diawali dengan spesifikasi minimal untuk OS Windows 11. Adapun beberapa persyaratan spesifikasi minimal yang diberlakukan oleh Microsoft untuk Windows 11 ini adalah:

1. Prosesor

Perangkat yang bisa di-install Windows 11 minimal 2 core dan 1 GHz. Windows 11 hanya bisa di-install pada prosesor 64-bit atau SoC (System on a Clip) yang kompatibel.

2. RAM

Perangkat tersebut minimal memiliki kapasitas RAM 4GB. Perangkat dengan kapasitas RAM di bawah 4 GB tidak bisa di-install Windows 11. 

3. Penyimpanan dan Firmware Sistem

Perangkat memiliki kapasitas penyimpanan paling sedikit 64 GB. Sementara untuk Firmware Sistemnya harus UEFI, Scare Boot Capable.

4. TMP dan Kartu Grafis 

TMP atau Trusted Platform Module pada perangkat minimal versi 2.0. Sementara untuk kartu grafis harus yang kompatibel dengan DirectX 12 atau yang lebih baru lagi dengan driver WDDM 2.0. 

5. Display 

Display pada perangkat minimal didukung dengan tampilan HD (720p). Lalu layarnya harus lebih besar dari 9 inci secara diagonal. Kemudian minimal harus 8 bit per saluran warna. 


Perbedaan Utama Windows 10 dan 11

Dikarenakan Windows 11 ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya, yakni Windows 10, sudah pasti akan ada beberapa perbedaan diantara keduanya. Yang pasti OS Windows 11 akan lebih memanjakan para penggunanya.

1. UI atau Tampilan Antarmuka  

tampilan UI windows 11

UI atau Tampilan Antarmuka bisa dikatakan menjadi perbedaan paling mencolok antara OS Windows 11 dengan 10. Untuk UI Windows 11 kini dihadirkan dengan tampilan yang lebih segara dan juga minimalis. Utamanya pada bagian taskbar dan menu start. Menunya tidak lagi ada di sebelah kiri seperti yang ada pada OS Windows 10. 

2. Bentuk Logo atau Jendela 

perubahan logo windows 11

Coba Anda perhatikan secara seksama. Logo Windows 11 memiliki sedikit perbedaan dibanding versi sebelumnya, yakni Windows 10. Logo pada Windows 11 tampak seperti sebuah jendela yang menghadap ke depan. 

3. Dukungan Aplikasi Android 

Review Windows 11 (Spesifikasi Minimal dan Perbedaannya dengan Windows 10)

Ini adalah kemampuan terbaru yang diberikan oleh Microsoft untuk Windows 11. Untuk pertama kalinya pihak Microsoft menghadirkan kemampuan menjalankan aplikasi-aplikasi Android tanpa harus melakukan modifikasi khusus terlebih dahulu. 

4. Widget 

widget windows 11

Pada OS Windows 11 ini dilengkapi dengan pilihan widget baru yang sudah didukung oleh Microsoft Edge dan juga AI. 

5. Integrasi dengan Teams

Integrasi dengan Teams windows 11
image: by microsoft

Pada OS Windows 11, Microsoft sudah mengintegrasikan layanan Teams di dalamnya. Artinya para penggunaan Windows 11 kini bisa dengan mudah melakukan panggilan video, suara, maupun teks ke pengguna lainnya. 

6. Auto HDR untuk Mode Game  

auto HDR mode windows 11
image: by microsoft

Pada Windows 11 ini, aspek gaming menjadi salah satu aspek yang menjadi perhatian utama Microsoft. Dalam hal ini, Microsoft memberikan fitur Auto HDR pada Windows versi terbarunya ini. 

Nah, itulah beberapa hal paling mendasar jika berbicara tentang OS Windows 11. Semoga review Windows 11 yang cukup singkat ini bisa memberikan sedikit pengenalan kepada Anda semua. 

Posting Komentar untuk "Review Windows 11 (Spesifikasi Minimal dan Perbedaannya dengan Windows 10)"