Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Console Gaming Portable Steam Deck besutan Valve Yang lagi Hits di Dunia

gadget, steam deck, console, portable,

Review Steam Deck Console di IndonesiaValve akhirnya berani Tampil Beda! dimana dia yang sekarang ini lagi asik bereksperimen dengan berbagai macam perangkat keras agar dapat memainkan Library game PC nya secara lebih luas lagi.  mulai dari Steam Link hingga Steam Engine dan ada banyak sekali produk perangkat keras yang akan menghadirkan pengalaman bermain Game PC ke berbagai platform.

Namun Valve (atau sebagian besar produsen PC) yang kita lihat selama ini tidak ada yang berani mencoba untuk masuk ke pasar portable, sampai akhirnya valve memberanikan diri untuk masuk kepasar tersebut dengan meluncurkan Steam Deck generasi pertamanya.

Bayangkan anda dapat memiliki seluruh katalog game Bethesda atau Square Enix di genggaman Anda dengan harga kurang dari Xbox Series S dan Moitor tetapi dengan keunggulan lebih yaitu anda dapat membawanya kemanapun saat bepergian.

Dengan gaya hitamnya yang ramping, konsol game portabel Valve adalah salah satu gaming konsol yang unik dan cakep dikelasnya. Hal Ini akan memungkinkan pemain untuk membawa library Steam mereka ke platform portabel yang memiliki tiga varian model berdasarkan ruang penyimpanan yang tersedia.

Varian Model dan Harga

Model varian dengan harga terendah memiliki penyimpanan eMMC 64GB dan dijual seharga $399(Rp.6 juta). Steam Deck kelas menengah hadir dengan SSD NVMe 256GB beserta Tas penyimpannya dan dijual seharga $529 (Rp.8 Juta). Steam Deck kelas atas hadir dengan SSD NVMe 512GB beserta Tas Penyimpanan seharga $649 (Rp.9,8 Juta).

steam deck, console, gadget, game,

Berbeda dari model terendah hingga menengah, Varian Model kelas atas dilengkapi dengan layar kaca anti-silau unik yang tidak dimiliki model lain. Dan kita akan ulas lebih lanjut mengenai steam deck kelas atas ini. Apakah penyimpanan ekstra dan layar anti-silau sangat worth it di harga setinggi itu? Jika demikian apakah gamer PC akan mengadopsi platform portable seperti itu?.

Desain Bagian Luar Console Steam Deck

Dari sudut pandang desain, Valve melakukan pekerjaan yang hebat dalam membuat Steam Deck yang tidak hanya portabel tetapi juga Ciamik. Konsol Ini memiliki ukuran layar 7 inci di tengah dan kontrol genggam yang nyaman di kedua ujungnya.

Di sisi kiri Steam Deck Anda akan menemukan sebuah left analog, directional pad, dan trackpad dengan umpan balik haptic dan tombol Steam. Di sebelah kanan Anda akan menemukan Right analog dan trackpad bersama dengan tombol A, B, X, dan Y yang umum untuk sebagian besar gamepad.

Ada juga tombol Quick Action di sisi kanan Steam Deck. Tombol ini dapat menampilkan menu singkat di layar kontrol yang dapat digunakan pemain ketika sedang di dalam dan di luar game (seperti mengatur kecerahan layar).

Steam Deck terlihat seperti unit mahal dengan bahan konstruksi berkualitas. Di atas Steam Deck terdapat tombol volume dan daya serta headphone dan juga ada port daya USB-C. Steam Deck juga dilengkapi tombol bumper, Triggers dan beberapa tombol lain di bagian belakang unit.

steam deck, console, gadget, game,

Desainer Valve yaitu Greg Comer pernah mengatakan Library steam store ini adalah pusat bagaimana produk steam deck itu lahir. “Tujuan kami adalah menghadirkan semua game di Steam ke perangkat genggam serta memainkan game AAA yang ada di library ke Steam Deck ini”.

Hal terpenting dalam Steam Deck adalah daya tahan baterai. Valve mengklaim harusnya konsol ini dapat berjalan selama 8 jam. Tapi itu semua kembali ke penggunaan masing-masing orang. Menurut Comer, masa pakai baterai unit SteamDeck dapat ditingkatkan secara teknis tetapi ada batasannya. Meskipun ruang penyimpanan internal terbatas, semua versi Steam Deck dapat diperluas dengan kartu microSD.

Sebelumnya Valve menyatakan bahwa secara teknis Steam Deck dapat mendukung headset VR eksternal tetapi tidak dioptimalkan untuk itu. Game VR mana yang akan berjalan di perangkat ini tidak dijelaskan secara rinci. Comer juga mengatakan pengguna dapat menukar atau mengganti suku cadang tetapi hanya jika diganti oleh seorang profesional.

Spesifikasi Steam Deck Valve

Steam Deck ditenagai oleh prosesor Zen 2 ‘Aerith’ dengan clock hingga 3,5 GHz pada empat core dan GPU Van Gogh dengan 1,6 GHz pada 8 CPU. Untuk menjaga panas agar tetap turun dan memperpanjang masa pakai baterai saat digunakan, Valve telah menerapkan pembatas seluruh sistem yang membatasi TDP dari 3-15W dengan menekan sebuah tombol dan memungkinkan Anda untuk mengatur jam GPU secara manual atau Di Sini ada opsi yang menawarkan anda untuk membatasi secara artifisial frame rate ke 30 FPS di seluruh papan.

Adapun untuk spesifikasi game konsol ini sendiri di antaranya sebagai berikut:

  • Layar: 7 inci, 1280×800, 60Hz dengan LCD touchscreen
  • CPU: AMD Zen 2 4c/8t, 2.4-3.5GHz
  • GPU: 8RDNA 2 CUs, 1.0-1.6GHz
  • RAM: 16GB
  • Audio: Stereo, audio jack 3.5mm, USD-C, Bluetooth
  • Baterai: 40Whr, tahan hingga 8 jam
  • Berat: kurang lebih 700gr
  • Ukuran: 298mm x 117mm x 49mm
  • Steam Deck memiliki pilihan storage 64GB, 256GB dan 512. Harganya juga bervariasi dari Rp 5.8 juta, Rp 7.6 juta hingga Rp 9.4 juta.

Keunggulan Steam Deck

Semua opsi tersebut dapat diakses dengan menekan tombol Quick Access (terletak di bawah kanan trackpad) untuk memunculkan menu Performance dan Quick Overlay. Tidak ingin membuat para pemain puas dengan hanya satu sistem kontrol, justru Valve malah menerapkan berbagai opsi kontrol di luar pengontrol gaya Xbox standar.

Adapun Trackpad di kedua sisi layar dapat digunakan sebagai input mouse, sementara empat tombol di bagian belakang Steam Deck dapat dimapping secara bebas. menekan dan tahan tombol Steam dapat digunakan untuk mengaktifkan kontrol opsional lainnya seperti mengubah stik analog kanan menjadi kursor mouse atau menekan Steam+R1 untuk mengambil tangkapan layar cepat.

steam deck, console, gadget, game,

Steam Deck sangat berguna bagi pengguna biasa yang ingin menggunakan Library Steam mereka saat bepergian. Kita juga tahu Ada beberapa pesaing lain untuk gamepad PC portabel selama bertahun-tahun tetapi tidak ada yang mencapai harga agresif yang dicapai Valve di Steam Deck.

Lihatlah perangkat Aya Neo, yang dibandrol mulai dari $900 untuk spesifikasi yang sebanding atau menyaingi Steam Deck. Lihat GPD WIN Max 2021 untuk harga hampir tiga kali lipat harga Steam Decks. Bahkan Lihatlah juga berapa banyak laptop dengan kartu grafis diskrit yang jarang memenuhi spesifikasi Steam Deck.

KELEBIHAN

·        Judul terverifikasi dimainkan tanpa kerumitan

·        Nyaman untuk waktu bermain yang lebih lama (jika tidak terlalu berat)

·        Harga agresif untuk perangkat keras yang ditawarkan

·        Batasi frekuensi gambar dan TDP untuk memperpanjang masa pakai baterai dengan sekali tekan tombol

·        Dock dan perluas pengalaman Anda seperti komputer tradisional

·        Dukungan Proton berbasis Linux menangani game dengan baik, dengan asumsi mereka kompatibel

·        Dukungan dan kompatibilitas perangkat lunak hanya dapat terus berkembang sebelum ada di tangan konsumen

KEKURANGAN

·        Sangat sedikit pilihan judul Terverifikasi yang tersedia saat peluncuran

·        Dengan berat hampir satu setengah pon, ini adalah salah satu konsol portabel yang gemuk (50% lebih berat dari Nintendo Switch)

·        Daya tahan baterai tidak mendekati 'delapan jam' yang dijanjikan untuk sebagian besar kasus

·        Eksperimen diperlukan untuk mengonfigurasi banyak judul untuk gameplay yang ideal

·        Beberapa layanan dan peluncur eksternal mengalami kesulitan untuk kompatibel dengan Steam Deck

·        Tidak ada keyboard di layar untuk backend Linux, membutuhkan keyboard eksternal untuk mengatur dan mengkonfigurasi terminal (Valve menjanjikan patch setelah peluncuran)

Posting Komentar untuk "Mengenal Console Gaming Portable Steam Deck besutan Valve Yang lagi Hits di Dunia"