Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan Ini Jika Laptop Restart Sendiri

Sebenarnya ada beragam cara untuk mengatasi laptop restart sendiri. Mulai cara yang mudah hingga cara yang cukup ribet. Namun cara yang paling benar adalah mengatasinya berdasarkan penyebabnya.

Tahukah Anda jika laptop tiba-tiba restart sendiri pasti ada penyebabnya. Seperti halnya ketika tubuh manusia sedang sakit. Pastinya ada penyebabnya juga. Dan cara paling efektif untuk mengatasinya sudah pasti harus dilihat berdasarkan penyebabnya.

Sayangnya masih ada cukup banyak orang yang tidak melakukan ini. Tindakan yang dilakukan hanya berdasarkan umumnya saja. Umumnya ketika laptop mengalami restart sendiri maka ini yang biasa dilakukan. 

Disable Setting Automatic Restart

Masih banyak yang belum tahu jika ternyata di OS Windows memiliki fitur bernama Automatic Restart. Fungsi dari fitur ini adalah laptop akan secara otomatis restart sendiri jika terjadi error pada saat sedang digunakan.

Normalnya, fitur bernama Automatic Restart ini akan selalu aktif. Tetapi yang penting untuk diingat adalah fitur ini bisa dimatikan. Tujuannya agar laptop tidak restart sendiri tanpa notifikasi atau pesan terlebih dahulu.  

Ini adalah cara paling umum dan paling aman untuk mengatasi laptop restart sendiri. Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah bagaimana cara Disable Setting Automatic Restart ini?

1.   Ketik dan buka view advanced system setting pada kolom search windows laptop Anda.

2.   Klik Setting pada Startup and Recovery. Kemudian hilangkan centang pada Automatic Restart. Setelah itu restart laptop.

Memeriksa Suhu Laptop

Pada dasarnya para produsen laptop sudah mengatur sistem pendingin laptop sebaik mungkin yang disesuaikan dengan hardware laptop. Namun, semakin lama laptop digunakan, secara otomatis akan membuat semakin tinggi suhu yang dihasilkan.

Kondisi seperti ini disebabkan oleh banyaknya kotoran yang menempel. Utamanya yang terdapat pada bagian ventilasi laptop. Selain itu pun bisa juga disebabkan oleh pasta atau thermal paste yang mulai mengering.  

Jika laptop sering restart sendiri, ada baiknya untuk melakukan monitoring suhu pada laptop Anda. Cara melakukan monitoring ini pun cukup mudah. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan aplikasi yang dibuat khusus untuk melakukan hal ini. Misalnya saja seperti HWMonitor atau Coretemp.

Nah, dengan memanfaatkan aplikasi monitoring suhu laptop seperti ini, potensi laptop overheat pun bisa diminimalisir. Sebab Anda bisa menjaga laptop supaya temperaturnya stabil atau tidak terlalu tinggi.

Bersihkan RAM Laptop

Penyebab lain yang sering membuat laptop restart sendiri adalah RAM. Ini adalah penyebab klasik yang umum terjadi. Sebab jika ada salah satu komponen laptop rusak, sistem Windows pada laptop akan mengalami error. Sehingga laptop biasanya akan restart hingga yang terparah mengalami bluescreen.

Nah, jika Anda mengalami kondisi seperti ini, membersihkan RAM Laptop adalah pilihan lain yang bisa Anda coba. Lepas RAM laptop Anda setelah itu bersihkan dengan menggunakan penghapus pensil.

Salah satu cara yang juga sering menjadi pilihan. Apalagi tingkat keberhasilannya pun terbilang cukup tinggi. Apalagi cara ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan RAM laptop yang ada usable-nya.

Scan Laptop dengan Antivirus

Salah satu penyebab utama kenapa laptop restart sendiri adalah virus. Masalah klasik yang paling sering terjadi. Kenapa bisa seperti itu? Ketika terdapat virus pada laptop, umumnya akan membuat usage pada RAM menjadi penuh.

Kondisi ini jika tetap dibiarkan akan membuat sistem Windows pada laptop menjadi tidak stabil. Jika terus dibiarkan, laptop akan melambat, hang, lalu sering restart secara tiba-tiba. Oleh sebab itu melakukan scanning menggunakan antivirus menjadi cara paling efektif mengatasi laptop restart sendiri


Posting Komentar untuk "Lakukan Ini Jika Laptop Restart Sendiri"